Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Untuk Melamar di Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

19 February 2022 | Info

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Untuk Melamar di Hotel – Teknologi emang lagi berkembang banget. Sekarang orang bahkan udah bisa bayar cuma pakai handphone, udah pada males bawa dompet kalau cuma mau beli boba yang cuma 5 langkah dari rumah. Pesen makanan juga udah tinggal sambil tiduran, ya kan?. Tapi, semua kenyamanan dalam berteknologi belum bisa dirasakan merata oleh orang-orang.

Seperti halnya melamar kerja, bagi mereka yang emang punya HP, masih bisa dapetin informasi lowongan dari social media yang mereka punya. Tapi yang bener-bener gak pegang teknologi, atau HP hanya sekedar untuk telepon, mereka masih harus cari kerja secara langsung atau dapat informasi dari orang sekitarnya yang mempunyai teknologi komunikasi tersebut.

Juga dalam hal melamar kerja, bagi sebagian orang yang memiliki teknologi untuk membuat surat lamaran kerja ini seperti laptop atau komputer, udah gak masah lagi untuk hal membuat surat lamran atau surat lainnya. Namun bagi yang belum memiliki teknologi tersebut, mereka harus mencari cara untuk tetap bisa membuat selembar surat lamaran tersebut.

Mereka bisa menggunakan komputer di Warnet atau bisa juga pakai jasa ketik yang mungkin cuma masih ada sedikit di daerah mereka. Tapi buat mereka yang hanya bisa bermodal kertas dan alat tulis, rasanya mereka mesti mengerahkan tenaga mereka buat nulis.

Tapi gak masalah, yang penting kan hasilnya jadi surat lamaran kan?. Biasanya surat lamaran dalam bentuk tulis tangan ini digunakan untuk melamar seperti CPNS, pabrik, toko retail dan lain sebagainya. Jadi, baru surat lamaran kalian tulis tangan, bukan berarti gak bisa ikut seleksi dong. Biar surat lamaran tulis tangan kalian bisa ikut serta dalam seleksi lowongan kerja, gak ada salahnya kalian simak dulu nih tips dan penjelasan penulisan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Untuk Melamar di Perusahaan ini.

Format Penulisan

Biar surat lamaran kalian gak ngarul ngidul alias acak-acakan, format penulisan surat lamaran kerja ini bakal bantu kalian biar surat lamaran kalian lebih terstruktur.

  1. Tanggal dan tempat penulisan
  2. Nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan yang akan dilamar
  3. Salam pembuka
  4. Kata pengantar
  5. Biodata diri
  6. Pengalaman kerja atau keahlian
  7. Penutup, berupa salam penutup dan tanda tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan | Sumber : pexels

Point Penting

Kalau udah tau format penulisannya, ada lagi nih yang mesti kamu perhatikan, yaitu:

  1. Menulis di Kertas Folio Bergaris
    Menggunakan jenis kertas folio bergaris ini selain ngebantu kalian dalam menulis, ini juga bantu HRD buat baca tulisan kalian. Apalagi buat kalian yang kalau nulis di kertas kosong tu kaya lagi mendaki gungung melewati lembah, naik turun gitu. Jadi, pakai kertas yang bergaris ya.
  2. Menulis yang Rapi
    Usahakan tulisan kalian serapi mungkin, kalau tulisan rapi kan gak cuma kamu aja yang enak bacanya, HRD juga bakal seneng banget buat baca surat lamaran kalian. Kalau memang tulisan kalian dirasa kurang bagus, mungkin coba deh minta tolong sama temen, tetangga, tukang siomay atau siapaun yang kalian kenal yang dirasa punya tulisan bagus. Kalau memang tidak ada, kalian bisa tulis serapi dan sesuai kemampuan kalian. Yang penting tulisannya kebaca ya.
  3. Hindari Pakai Correction Pen
    Coba deh kalian pas nulis itu lebih berhati-hati, jadi tingkat kesalahan menulisnya bisa dikurangi dan kalian lebih jarang buat pakai correction pen. Correction pen ini yang biasa kalian sebut stipo, tipe-x dan apalah istilah kalian. Kalian tahu kan kalau banyak pakai itu, tulisan kalian bakal gak enak banget diiliatnya. Jadi usahakan kurangi penggunaan correction pen tersebut.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Setelah tahu format dan point pentingnya, ada beberapa tips yang bisa bantu kalian dalam menulis surat lamaran tulis tangan, yaitu:

  1. Gunakan bahasa yang baku, baik dan sopan. Jangan pakai bahasa tongkrongan kalian ya
  2. Tulis surat lamaran dengan rapi
  3. Sertakan data-data penting yang juga diperlukan perusahaan. Ini bisa bantu kalian untuk dijadikan pertimbangan oleh mereka
  4. Lampirkan sertifikat pendukung, seperti pelatihan atau prestasi kalian. Ini juga bakal ngebantu banget buat ambil perhatian HRD

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Udah lengkap kan penjelasan tentang nulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan? Kalau masih bingung, kalian bisa liat contoh surat dibawah ini sebagai referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Artikel Lainnya :

Bagikan Yuk :