Contoh Surat Pernyataan Untuk Menyatakan Sedang Tidak Bekerja

21 September 2020 | Surat Keterangan

Contoh Surat Pernyataan Untuk Menyatakan Sedang Tidak Bekerja-Tak dipungkiri memang dalam suatu kegiatan formal pasti masih menggunakan surat sebagai pernyataan remis dan menjadi syarat untuk dapat mengikuti atau bergabung dalam kegiatan tersebut. Namun terkadang tak semua memberikan surat dalam bentuk format pasti seperti formulir, sehingga mau tak mau kita harus membuatnya sendiri dan pastinya diantara kalian masih bingung apa saja yang yang harus kalian tulis pada surat tersebut. Seperti contoh salah satu surat resmi yaitu surat pernyataan tidak bekerja. Jadi apakah kalian sudah tahu bagaimana cara penulisan atau contoh dari surat ini? Namun sebelum kita bahas contohnya bagaimana, kita harus tahu dulu apa arti atau maksud dari surat pernyataan ini

 

Sumber: Unsplash.com

 

Pengertian dari Surat Pernyataan Tidak Bekerja

Surat ini merupakan sebuah pernyataan resmi bahwa benar yang bersangkutan atau peserta yang akan menjalankan salah satu kegiatan tersebut memang sedang tidak bekerja. Beberapa kegiatan yang biasanya memerlukan surat pernyataan ini seperti kegiatan melamar kerja, pendaftaran kuliah, mengurus pajak , pelatihan dan kegiatan lainnya Jadi, kegiatan tersebut memerlukan surat pernyataan tidak bekerja sebagai bukti valid. Makadari itu, surat ini bersifat cukup penting dan formal.

Format Penulisan Surat Pernyataan Tidak Bekerja
    1. Judul Surat
    2. Data Diri
    3. Isi surat
    4. Tanggal Surat
    5. Tanda tangan

 

Berikut adalah contoh surat pernyataan tidak bekerja

SURAT PERNYATAAN TIDAK BEKERJA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                     : Miko Ditya
Jenis Kelamin                     : Laki-Laki
Tempat, Tanggal Lahir  : Surabaya, 12 Mei 1989
Warga Negara                    : Indonesia
Agama                                   : Katolik
No. KTP                                 : 5598364890027466283
Alamat                                   : Jalan Bangau No. 26

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya hingga saat ini belum bekerja.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dan saya tanda tangani dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tanpa ada paksaaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari surata pernyataan ini tidak benar atau keterangan yang saya berikan palsu, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa melibatkan pihak manapun.

Yang Mengetahui,                                                              Yang Menyatakan,

Saksi I :…………………                                                 [Materai 6000]

Saksi II :………………..                                                                     Miko Ditya

 

Contoh surat diatas bisa langsung kalian gunakan untuk keperluan sebagaimana mestinya dengan cara langsung dicopy. Ketika tidak sedang bekerja banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah gunakan waktu untuk belajar investasi. Banyak instrumen yang kita bisa pelajari dan yang paling booming saat ini tentunya adalah bitcoin kripto. Apa sih bitcoin kripto tersebut? Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang dibuat pada tahun 2009 yang harganya saat ini pernah menyentuh harga tertinggi di 800jt an. Padahal saat pertama kali dibuat bitcoin hanya berharga di angka 10rb an. Peningkatan yang sangat pesat ini adalah karena banyak yang membeli bitcoin untuk disimpan.

Namun jangan gegabah juga untuk investasi ini, karena kita juga harus membagi inestasi kita di hal hal lain seperti properti dan emas misalnya.

Semoga Sukses!

Artikel Lainnya :

Bagikan Yuk :